Jumat, 06 Maret 2015

Sinole Sebagai Alternatif Pilihan Makanan Berbahan Dasar Sagu

Sinole Sebagai Alternatif Pilihan Makanan Berbahan Dasar Sagu
Papua sangat identik dengan makanan-makanan berbahan dasar sagu. Hal ini wajar, karena memang pohon sagu jauh lebih banyak ditemui daripada ladang padi atau gandum. Bahkan, masyarakat Papua pun sudah menjadikan sagu sebagai makanan pokok mereka sehari-hari. Namun, makanan berbahan dasar sagu yang sudah banyak dikenal dan cukup akrab di telinga hanyalah Papeda.
Ternyata, selain Papeda ada juga makanan lain yang berbahan dasar sagu. Salah satunya adalah Sinole, olahan sagu dan parutan kelapa dengan citarasa yang sangat unik. Makanan ini adalah alternatif pilihan makanan berbahan dasar sagu agar kita tidak bosan menikmati Papeda saja.
Membuat Sinole ternyata cukup mudah. Sagu mentah yang sudah dijemur disiapkan kemudian diayak hingga halus menjadi tepung. Setelah itu, siapkan kelapa parut dan masukkan ke dalam wajan panas. Selanjutnya, masukkan tepung sagu berikut gula pasir dan garam. Campur semua bahan menjadi satu dan merata dalam proses sangrai hingga sagu berwarna kecoklatan. Selanjutnya, Sinole sudah jadi dan siap untuk dihidangkan.
Sinole memiliki rasa yang unik, citarasa manis berpadu dengan gurihnya parutan kelapa dapat terasa di lidah dengan cukup jelas. Tekstur lembutnya tepung sagu pun masih dapat terasa sekalipun makanan ini sudah dimasak hingga matang. Tekstur ini memang sengaja dipertahankan agar kenikmatan makanan ini pun tetap terjaga. Sinole cukup fleksibel untuk dinikmati, dapat menjadi pilihan makanan pokok seperti beras, atau dapat juga dinikmati sekedar sebagai teman minum teh saat pagi dan sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar